Resep Cara Membuat Kue Ongol Ongol

Resep Cara membuat Kue Ongol Ongol. Ongol-Ongol merupakan salah satu kue tradisional yang mempunyai cita rasa enak dan legit. Di daerah perkotaan kue tradisional ongol ongol ini hampir tak pernah kita jumpai. Namun kue ongol ongol masih sering dibuat oleh orang pedesaan dalam acara-acara tertentu. Misalnya untuk suguhan acara hajatan. Bahan dasar kue ongol ongol ini adalah tepung tapioka dan juga gula pasir. Kalau bunda penasaran apa saja bahan-bahan dan bagaimana proses pembuatannya, bunda bisa menyimak Resep Cara Membuat Kue Ongol Ongol berikut ini. Baca juga resep yang tak kalah enak lainnya seperti Resep Cheese Stick Pedas Enak.





Bahan :

  • 1 kg Tepung Tapioka
  • 1 kg Gula Pasir
  • 10 cup air blimbing
  • Garam secukupnya
  • Perasa makanan secukupnya
  • 1 kg kelapa parut
Cara Membuat :
  1. Langkah pertama larutkan gula dalam 2 cup air blimbing lalu rebus bersama tambahan tepung tapioka sebanyak 1 sendok. Aduk hingga rata dan menjadi kental, tunggu hingga mendidih. Angkat lalu biarkan uap panasnya berkurang.
  2. Setelah itu campurkan tepung tapioka yang masih tersisa dengan sisa air blimbing. Aduk hingga rata hingga larut.
  3. Lalu tambahkan larutan tepung tapioka dengan larutan gula yang telah direbus hingga matang. Aduk rata lalu campurkan kembali dengan perasa makanan sesuai dengan selera anda.
  4. Kemudian tuang campuran tepung ke dalam loyang dan kukus matang selama kurang lebih 60 menit. Angkat.
  5. Parut kelapa lalu campurkan garam sekukusnya dan kukus hingga matang.
  6. Terakhir Setelah dingin keluarkan adonan dari loyang lalu potong menjadi beberapa bagian. Taburkan kelapa parut di atasnya dan sajikan.