Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah. Bunda...resep kali ini adalah membuat TelurAsin yang enak dan mudah. Telur Asin memang paling enak untuk dijadikan lauk sehari-hari. Disantap hanya dengan nasi putih hangat pun juga tak membuat kelezatan dari Telur Asin ini berkurang. Heeem...daripada kita membeli Telur Asin yang harganya jauh lebih mahal daripada telur biasa, tak ada salahnya kalau bunda membuat Telur Asin sendiri di rumah. Cara membuatnya gampang banget. Kalau bunda tertarik untuk mencoba membuat Telur asin ini di rumah, simak resep selengkapnya di bawah ini. Baca juga resep yang tak kalah enak lainnya seperti Resep Ikan Asin Gejrot dan Resep Gurame Rica Rica.


Bahan :
  • 10 - 30 butir telur bebek yang masih segar
  • 500 gram garam
  • 1,5 - 2 liter air putih matang
  • Toples berbahan plastik yang bisa ditutup rapat
 Cara membuat :
  1. Pertama rendam telur dalam air bersih. Tunggu selama kurang lebih 2 menit. Apabila ada telur yang mengapung ambil dan jangan gunakan karena telur itu jelek.
  2. Bersihkan telur dari kotoran dengan menggunakan spon supaya tidak menghambat proses pengasinan.
  3. Setelah itu keringkan telur dan amplas telur dengan menggunakan amplas paling halus dan jangan terlalu lama dalam proses pengamplasan. Pengamplasan bertujuan supaya pori-pori terbuka dan garam dapat meresap hingga ke dalam lapisan telur.
  4. Lalu ambil toples dan tata rapi telur di dalam toples. Diamkan sebentar.
  5. Ambil wadah lain lalu larutkan garam dengan menggunakan air secukupnya. Aduk garam hingga larut sempurna. Tuangkan ke dalam toples berisi telur asin. Usahakan jangan ada telur yang mengapung.
  6. Terakhir simpan telur yang telah direndam selama kurang lebih 12 hari. namun kalau anda menginginkan hasil yang maksimal anda bisa menunggu proses perendaman selama kurang lebih 3 minggu.