Resep Cara Membuat Ketupat Pandan

Resep Cara Membuat Ketupat Pandan Wangi. Hai bunda...nie dia ada Resep dari kota Makasar. Wangi yang dihasilkan oleh daun pandan menambah nikmat ketupat yang satu ini. Nah..langsung aja Nie dia Resep Cara Membuat Ketupat Pandan Wangi.


Bahan :
  • 500 gram beras, cuci bersih
  • 1000 ml air
  • 1/2 sdm garam
  • 24 lembar daun pandan besar
Cara Membuat :
  1. Masaklah beras, garam dan air hingga meresap.
  2. Kemudian ambil selembar daun pandan besar. Lalu belah memanjang jadi dua bagian dengan panjang 100 cm. Lalu lipat salah satu ujungnya ke dalam hingga sisinya jadi miring.
  3. Kini bentuk segitiga sama kaki dengan garis lipatan tadi sebagai salah satu kakinya.
  4. Seelah itu lipat segitiga dengan menggunakan sudut kanan bawah sebagai puncak. Begitu seterusnya sahingga sampai di ujung daun pandan dan sisahkan 10 cm untuk mengunci.( Bentuk segitiga ini hanya untuk membuat pola garis, jadi buka lagi.
  5. Selanjutnya buat contong segitiga. Tekuk 2 kali dari lipatan barisan kedua. Beri isi dengan adonan beras dan tutup dengan lipatan baris pertama.
  6. Lipat lagi sama dengan yang pertama mengikuti garis segitiga yang sudah ada sambil membuat contong ketiga dan ke empat. Putar daun bentuk limas, seterusnya. Terakhir kunci menggunakan sisa ujungnya dengan menyelipkan ke daun.
  7. Setelah itu kukus selama tiga jam dengan api sedang sampai matang. Angkat dan sajikan.